Bukti Kepedulian BUMN Terhadap Dunia Pendidikan, BUMN Hadir di Kampus Unmul


Dihadiri 1000 Civitas Akademika, Juga Gelar Safety Riding

Dalam rangka memperingati Hari Sumpah Pemuda ke 89 di tahun 2017 ini, Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) menggelar kegiatan bertajuk “BUMN Hadir di Kampus” serentak di 28 universitas di seluruh Indonesia, termasuk juga kampus Universitas Mulawarman pada Sabtu, 28 Oktober 2017 di Auditorium Universitas Mulawarman

Digelarnya kegiatan ini sebagai upaya untuk meningkatkan pemahaman dan kesadaran akan kondisi perekonomian nasional dan peran BUMN di dalamnya. Selain itu juga untuk meningkatkan pemahaman tujuan dan komunikasi dengan perguruan tinggi.

Dua BUMN besar hadir di Universitas Mulawarman, yakni PT. Jasa Raharja dan PT. Garuda Indonesia. Dihadiri oleh 1000 peserta yang terdiri dari Dosen, Staff dan mahasiswa Universitas Mulawarman yang berasal dari 14 fakultas.

Dua petinggi BUMN yang ditunjuk untuk berdiskusi dengan civitas akademika Universitas Mulawarman ialah Direktur Utama PT. Jasa Raharja, Budi Setyarso, dan Direktur Utama PT. Garuda Indonesia, Pahala Nugraha Mansury.  Hadir di acara ini Rektor Universitas Mulawarman, Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si serta jajaran pejabat di lingkungan kampus terbesar di Kalimantan Timur ini.

Rektor Unmul mengungkapkan rasa bangga dan terima kasihnya kepada Kementerian BUMN atas dipercayanya Unmul menjadi salah satu dari 28 perguruan tinggi di Indonesia untuk melaksanakan kegiatan ini. “Terima kasih kepada Kementerian BUMN, terutama kepada Jasa Raharja dan Garuda Indonesia berkenan hadir di kampus kami, mari kita bekerja bersama membangun komunikasi untuk kemajuan pembangunan negeri yang kita cintai ini,” ucapnya.

BUMN Hadir di Kampus ini digelar dengan format diskusi menghadirkan dua petinggi BUMN tersebut diatas dan satu pakar Ekonomi Kaltim dari Universitas Mulawarman yakni Dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr. Irwan Gani, M.Si. dengan topik utama diskusi ialah “Membangun Ekonomi Indonesia Berkeadilan”. Mahasiswa juga diberikan kesempatan untuk sama-sama berdiskusi dengan menyampaikan pertanyaan kepada tiga narasumber.

Inti dari pembahasan ialah BUMN hadir untuk menjawab tantangan yang harus dihadapi Indonesia, yakni melalui peningkatan konektivitas, pembangunan infrastruktur, ketahanan pangan, dan pemberdayaan masyarakat. Dalam meningkatkan literasi keuangan masyarakat dan akses permodalan untuk usaha mikro, kecil dan menengah, BUMN melakukan perluasan usaha sampai ke pelosok negeri.

“Saat ini pemerintah sedang merumuskan sembilan agenda prioritas atau yang disebut dengan Nawacita. Perumusan ini sudah berjalan sejak 3 tahun terakhir, dan kinerja perekonomian Indonesia menunjukkan perkembangan yang signifikan kearah yang lebih baik,” jelas Dirut PT. Garuda Indonesia, Pahala Nugraha Mansury.

Pahala juga menjelaskan lima poin penting yang dilakukan BUMN yakni, pertama Konektivitas yang menginginkan terhubungnya ribuan pulau di Indonesia dari darat, udara dan laut, kedua Ketahanan Energi yakni pembangunan kilang bahan bakar untuk mencukupi kebutuhan BBM dalam negeri, ketiga Elektirifikasi yakni pembangunan infrastruktur kelistrikan untuk mencukupi kebutuhan listrik, keempat Ketahanan Pangan yakni BUMN memastikan ketersediaan pangan, keterjangkauan bahan pokok, dan kestabilan harga , dan kelima Perbankan dan Jasa Keuangan yakni BUMN menjalan program Inklusi Keuangan melalui penyaluran dan penjaminan KUR untuk UMKM.

Kegiatan ditutup dengan penyerahan beasiswa kepada 14 mahasiswa berprestasi dari 14 fakultas secara simbolis dari PT. Jasa Raharja dan PT. Garuda Indonesia senilai 10 juta Rupiah masing-masingnya. Kedua BUMN ini juga menyumbangkan 10 unit komputer kepada Unmul.

Budi Setyarso, Dirut PT. Jasa Raharja menjelaskan, adanya bantuan ini adalah bentuk kepedulian kami, BUMN untuk dunia pendidikan. “Ini adalah bentuk kepedulian BUMN untuk dunia pendidikan, karena tidak bisa dipungkiri, dari sanalah akan muncul calon pemimpin baru,” ucapnya.

Setelah diskusi selesai, acara dilanjutkan ke halaman Rektorat Unmul, dimana PT. Jasa Raharja menggelar kegiatan Safety Riding kepada mahasiswa dan beberapa komunitas motor di Samarinda. Acar diisi dengan demo berkendara dengan aman dan kelengkapan sebelum berkendara yang dianjurkan. (hms/arc)