BI dan Unmul Wujudkan Kerjasama Pengembangan Keilmuan


Bank Indonesia (BI) dan Universitas Mulawarman (Unmul) sepakat mewujudkan kerjasama pengembangan keilmuan (akademis) yang terkait dengan kegiatan pendidikan, penelitian, serta pengabdian kepada masyarakat di lingkup nasional.  Nantinya uraian dari setiap pelaksanaan kerjasama tersebut akan ditentukan kemudian melalui rapat kedua belah pihak dan diwujudkan dalam perjanjian kerjasama yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Nota Kesepahaman atau Memorandum of Understanding (MoU) yang telah ditandatangani oleh Rektor Unmul, Prof. Dr. H. Zamruddin Hasid, SE., SU dengan Deputi Gubernur BI, Hendar, di Hotel Grand Clarion, Makassar, Sulawesi Selatan, Jum’at, (06/12) lalu.

Selain Rektor pada pertemuan yang juga dihadiri oleh 13 Perguruan Tingggi Negeri (PTN) dan 16 Fakultas Ekonomi (FE) Indonesia Timur tersebut, Dekan FE Unmul, Dr. Hj. Anis Rachma Utary, M.Si., AK turut pula menandatangani perjanjian kerjasama BI dengan FE Unmul mengenai “Pengembangan Mata Kuliah Kebanksentralan di Perguruan Tinggi” bersama Kepala Pusat Riset dan Edukasi Bank Sentral (PRES) BI, Dr. Iskandar Simorangkir, SE., MA.

Di pertemuan yang diikuti pula oleh Kepala Sub Bagian (Kasubbag) Humas dan Protokol Unmul, M. Ihwan, S.Sos., M.AP ini, kedua lembaga itu sepakat mengadakan kerjasama dalam bentuk pengembangan mata kulah kebanksentralan di perguruan tinggi, yang bermaksud untuk memberikan dukungan dana kepda mahasiswa tingkat akhir yang sedang melakukan penelitian di bidang ekonomi, moneter, perbankan dan sistem pembayaran dalam rangka menyelesaikan studinya.

Selain itu, tujuan kerjasama ini adalah mendapatkan hasil penelitian di bidang ekonomi, moneter, perbankan dan sistem pembayaran untuk digunakan sebagai masukan untuk menunjang pelaksanaan kebijakan moneter, perbankan, dan sistem pembayaran, khususnya menjaga dan memelihara kestabilan harga dan nilai tukar rupiah. (hms/frn