BEM FKM Unmul Menjadi Aktor Perubahan K3 di Lingkungan Unmul


Bulan K3 sendiri merupakan gerakan nasional yang dilaksanakan tanggal 12 Januari–12 Februari setiap tahunnya. Gerakan nasional ini bertujuan untuk membudidayakan K3 yang berhubungan dalam kehidupan ketenagakerjaan.

“Kami juga ingin ikut menyemarakkan perayaan bulan K3 Nasional yang memang tiap tahun diadakan. Disadari atau tidak K3 juga sangat minim di Unmul. Contoh kecilnya saja masih banyak dari kita yang belum memakai helm dalam berkendara, bahkan ada beberapa dari kita yang belum tau apa K3 itu sendiri”, jelas Rasdiawal Nur, Menteri Pengkaryaan BEM FKM Unmul.

Rangkaian acara ini terdiri dari lomba-lomba seperti lomba artikel ilmiah, poster K3 dan juga iklan K3. Kemudian Creative Campaign yang telah diadakan pada Jumat (17/02), bentuk kegiatan yang di lakukan adalah aksi pembagian stiker dibeberapa Fakultas di Unmul. Dilanjutkan dengan Mini Training K3 yang dilaksanakan pada hari Sabtu dan Minggu, 18-19 Februari 2017.

“Mini Training K3 sengaja kami mengundang Leo Agustinus yang memang alumni Kesmas untuk menjadi pemateri, karna memang beliau seorang Trainer Safety Officer. Peserta yang ikut pun tidak hanya dari FKM Unmul, tapi juga dari fakultas di luar FKM”, Jelas Nurhasanah Fitriana, Ketua Panitia Perayaan Bulan K3.

Rangkaian acara ini ditutup dengan Seminar Nasional K3 yang bekerja sama dengan HSE Regional Sangatta dan beberapa fakultas yang ada di Unmul, seperti Fakultas Teknik dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis yang diadakan pada Minggu (26/02) mendatang di Ballroom Hotel MJ Samarinda.

“Harapannya dari kegiatan ini bisa menumbuhkan kesadaran kita tentang pentingnya K3 dalam kehidupan sehari-hari. Dan untuk kita semua, K3 tidak hanya pada tanggal 12 Januari – 12 Februari saja, setiap harinya adalah hari K3, tidak ada hari libur dalam K3 ini. We choose safety, how about you?” jelas Caddi, sapaan akrab Rasdiawal Nur.

“Semoga perayaan bulan K3 yang pertama kali dilakukan ini dapat terus berlanjut dan dapat bekerjasama dengan banyak fakultas, karena tidak hanya FKM yang berhubungan dengan K3 ini, tetapi fakultas-fakultas lain juga,” ungkap Nurhasanah Fitriana, menjelaskan harapannya. (hms/rob)