Bangun Komunikasi, Unmul Adakan POMB Tahun 2017


Universitas Mulawarman (Unmul) mengadakan Pertemuan Orang tua atau wali Mahasiswa (POMB) angkatan tahun 2017. Pertemuan yang dihadiri ribuan orang tua atau wali mahasiswa baru itu berlangsung di GOR 27 September Unmul, Senin (28/08). Unmul juga telah mengadakan program serupa untuk pertama kalinya pada tahun 2016 yang lalu, meskipun pada waktu itu masih terbatas pada tingkat universitas. Berdasarkan observasi pelaksanaan tahun pertama, terlihat antusiasme para orang tua atau wali yang hadir. Pelaksanaan pertemuan dengan orang tua atau wali mahasiswa baru tahun ini, ada dua tingkat yaitu tingkat universitas dan tingkat fakultas.

Seperti diketahui, pada penerimaan mahasiswa baru tahun 2017 ini, Unmul kembali menerima sekitar lima ribuan mahasiswa baru yang tersebar di 14 fakultas, yang disaring melalui beberapa jalur, antara lain jalur Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN), Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN), Seleksi Mandiri Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SMMPTN), dan juga diterima melalui jalur Afirmasi (ADik 3 T dan ADeM, serta ADik Papua).

Acara ini dipimpin langsung oleh Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si yang di dampingi para wakil rektor, para dekan dan para pejabat di lingkungan Unmul. Dalam sambutannya Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si menjelaskan program pertemuan dengan orang tua atau wali mahasiswa baru tahun 2017 dimaksudkan untuk menyampaikan informasi tentang proses pendidikan tinggi di Unmul dan sekaligus memberi ruang untuk berdiskusi bagi orang tua atau wali mahasiswa baru tentang pelayanan dan aturan pendidikan baik secara nasional maupun di Unmul.

“Pertemuan ini juga dalam rangka ingin membangun komunikasi dengan orang tua mahasiswa untuk saling membina, mengawasi, mendorong dan mempercepat masa belajar mahasiswa tersebut agar menjadi lulusan yang berkualitas. Hal ini dilakukan agar nantinya tidak ada lagi mahasiswa yang tidak bisa lulus atau Drop Out (DO),”tegas Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik ini.

Prof. Masjaya meyakini mahasiswa akan lulus dengan tepat waktu jika orang tuanya memotivasi, mendoakan dan mengawasi anaknya dalam proses perkuliahan. Karena itulah orang peran orang tua juga berpengaruh.

Prof. Masjaya menyampaikan terima kasih yang telah menitipkan anaknya ke Unmul. Ini merupakan suatu bentuk kepercayaan yang harus kita jaga supaya tidak membuat para orang tua kecewa.  

Sementara penjelasan mengenai akademik di sampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Akademik Prof. Dr. Ir. Mustofa Agung Sardjono, kemudian tentang biaya kuliah atau Uang Kuliah Tunggal (UKT) disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia (SDM) dan keuangan Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si, setelah itu penjelasan mengenai kemahasiswaan disampaikan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Dr. Ir. Encik Akhmad Syaifudin, MP.

Sebagai penutup rangkaian acara pertemuan ini Rektor secara simbolis menerima mahasiswa baru dari wakil orang tua mahasiswa yang diwakilkan oleh H. Hermawan. (hms/zul)