Bangga Dengan Akreditasi A


Oleh : Freijae Rakasiwi (Menteri Sosial Politik BEM KM Unmul 2017)

"Sebuah perjuangan memang pasti membuahkan suatu kebahagiaan, yang hasilnya tentu setimpal dengan proses yang dilakukan"

Pendidikan merupakan hal yang sangat penting untuk menjamin perkembangan dan kelangsungan kehidupan bangsa. Pendidikan adalah usaha sadar untuk menyiapkan peserta didik melalui kegiatan bimbingan, pengajaran, dan/atau latihan bagi peranannya di masa yang akan datang. Setiap warga negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan pada tahap manapun dalam perjalanan hidupnya. Perguruan tinggi merupakan salah satu subsistem pendidikan nasional. Keberadaannya dalam kehidupan bangsa dan negara berperan penting melalui penerapan Tri Dharma Perguruan Tinggi, yaitu pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

27 September 1962, sebuah universitas lahir di tanah borneo Kalimantan Timur untuk mencetak para pemuda dari Kalimantan yang intelektual, cerdas dan siap mengisi kekosongan peran yang tak di sanggupi oleh pemerintah. Lahirlah dengan nama Universitas Mulawarman. Dengan membawa nama kerajaan Hindu tertua di indonesia, harapan dengan lahir Universitas Mulawarman bisa sukses seperti kerajaan Mulawarman.

Universitas Mulawarman sudah berumur 55 tahun, banyak prestasi, cerita dan solusi yang ditorehkan Universitas ini. Perjalanan panjang membangun dengan pasang surut di tengah keterbatasan, tapi Unmul mampu bertahan dengan 39.000 Mahasiswa didalamnya yang dulu waktu berdiri hanya ratusan saja.

Prestasi yang ditorehkan tidak sedikit, banyak pemimpin daerah lahir dari Universitas Mulawarman. Dan membuktikan bahwa Unmul mampu menciptakan generasi pemimpin untuk Kalimantan Timur dan Indonesia. 

Bukan hanya itu saja, prestasi yang ditorehkan Mahasiswa tak sedikit sangat banyak sekali Unmul mampu berprestasi di kancah regional, nasional bahkan Internasional dan itu semua mampu membuat Unmul disegani oleh Universitas se-Indonesia dalam hal perkembangan Universitas dan Prestasi yang didapatkan.

Dari segi akademis, Unmul selalu konsisten membuat jurnal penelitian dan karya tulis berbasis ilmiah sehingga Unmul tidak kalah dalam memberikan suatu perbaikan berbasis ilmiah.

Prestasi demi prestasi mampu diraih demi mencapai visi Universitas yang berstandar Internasional dan itu dibuktikan akreditasi Universitas mendapatkan Akreditasi dengan Nilai: 318 dengan Peringkat “B(Baik)” dari Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) sesuai dengan Surat Keputusan Nomor:239/SK/BAN-PT/Akred/PT/VII/2014 Tanggal 19 Juli 2014.

Total Unmul mempunyai 14 Fakultas, 1 program pasca sarjana, 87 Program Studi dengan rincian :42 Akreditasi B, 41 akreditasi C, 4 Program studi belum mempunyai akreditasi.Tahun 2018 unmul mengejar target untuk akreditasi Program Studi rata-rata dari jumlah keseluruhan menjadi A.

Upaya perbaikan terus dilakukan, pembenahan internal dari segi birokrasi, standar universitas, kualiatas pembelajaran menjadi fokusan Unmul sehingga banyak dosen, guru besar dan professor yang lahir dari Universitas Mulawarman, sehingga penelitian, jurnal bahkan penemuan tak sedikit dari Unmul mampu membuat Universitas ini bertahan sampai sekarang.

Perjuangan akhirnya mendapatkan hasil. Kabar bahagia datang pada hari Selasa 13 Juni 2017 menjadi hari bersejarah untuk perguruan tinggi terbesar di Kalimantan, Universitas Mulawarman. Dalam bulan suci ramadhan penantian panjang yang ditunggu semua civitas akademika Unmul akhirnya terwujud, yaitu mendapatkan amanah baru sebagai kampus berstatus akreditasi A.

Hebat ! Unmul menjadi satu-satunya Perguruan Tinggi yang berstatus Akreditas A di Kalimantan dan menjadi Kampus kedua di Indonesia timur setelah Unhas yang mendapatkan Akreditasi A.

Tentu, perjuangan besar yang mengorbankan semua yang dimiliki kampus dan menjadi kehormatan tersendiri, bagi Unmul dipercaya menjadi salah satu kampus yang mempunyai akreditasi A. Ini adalah Cita-cita, perjuangan, dan mimpi-mimpi para pendiri, pendahulu dan senior terdahulu berjuang untuk mendapatkan akreditasi A.

Penantian panjang selama 55 tahun pun terjawab dengan hasil dari usaha seluruh civitas akademika Unmul. Saya yakin dan percaya, akreditasi A akan meningkatkan semua elemen di Kampus.

Akreditasi sendiri adalah salah satu bentuk penilaian terhadap mutu dan kelayakan sebuah institusi perguruan tinggi atau program studi, yang dilakukan oleh organisasi atau badan mandiri di luar perguruan tinggi.

Dengan hasil ini tentu jangan berpuas diri, karena akreditasi ini akan menjadi ujian kemapanan Universitas dalam menyelenggarakan pendidikan. Kampus Unmul merupakan kampus kerakyatan, artinya apa kampus Unmul milik semua warga Kaltim dan harus bangga dengan pencapaian ini. Akreditasi ini pasti menunjang relevansi penyelenggaraan program pendidikan dengan pembangunan, kinerja perguruan tinggi, dan efisiensi pengelolaan perguruan tinggi.

Keberhasilan kampus mendapatkan Akreditasi A tentu dilihat dari implementasi Visi Universitas yaitu berperan dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bertumpu pada sumber daya alam khususnya hutan tropis lembab (tropical rain forest) dan lingkungannya.

Hasil akreditasi dapat dimanfaatkan sebagai dasar pertimbangan dalam pemberian bantuan dan alokasi dana, serta pengakuan dari badan atau instansi yang lain. Mutu program studi merupakan cerminan dari totalitas keadaan dan karakteristik masukan, proses, keluaran, hasil, dan dampak, atau kinerja program studi yang diukur berdasarkan sejumlah standar yang ditetapkan itu.

Apakah puas dengan akreditasi A ? Tentu jawabannya tidak. Hasil ini menjadikan semua civitas akademika bersatu untuk meningkatkan kapasitas Kampus sesuai potensi dimiliki menghadapi tantangan kedepan.

Tantangan utama Unmul ke depan adalah meningkatkan mutu dengan memperkuat sejumlah aspek fundamental dengan menyesuaikan misi Universitas antara lain : 

- Sarana dan prasarana yang mendukung (gedung, ruang kuliah, fasilitas penunjang keduanya) dan fasilitas penunjang akademik (perpustakaan dan Laboratorium) di Unmul guna mewujudkan Fasilitas yang berstandar Internasional sesuai dengan biaya kuliah Mahasiswa yang berbasis kerakyatan yaitu sesuai kemampuan ekonominya.

- Kualitas dosen dengan komitmen waktu yang cukup untuk mengajar dan Komitmen para dosen dan peneliti terhadap profesinya untuk terus berupaya meningkatkan kompetensi untuk menunjang riset yang berkualitas serta berdayaguna dengan mengedepankan prinsip-prinsip kelestarian lingkungan hidup

- Kemampuan Teknologi dan sesuai dengan kurikulum akademik di kampus yang bisa menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berkepribadian dan profesional melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bertaraf Internasional;

- Serta, alokasi anggaran untuk seluruh Civitas Akedemika untuk menjadi dasar kegiatan pengabdian pada kepada masyarakat dan menghasilkan karya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga yang bermakna dan bermanfaat demi terwujudnya pengelolaan universitas yang akuntabel dan mandiri sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Akreditasi memang menjadi sebuah patokan seberapa bagusnya mutu pendidikan kampus tersebut, serta seberapa kompeten dosen pengajarnya. Dengan kata lain, peningkatan mutu kegiatan perkuliahan mutlak untuk dilakukan dan terus melakukan pembenahan demi meningkatkan standar kualitas hasil kualitas. Tentu harus didukung kelas yang memadai sesuai kuantitas mahasiswa, dosen yang meningkatkan intesitas gaya mengajarnya, fasilitas kelas yang menyesuaikan teknologi dan kualitas perpustakaan untuk menunjang asupan ilmu bagi seluruh civitas akademika Unmul. Tentu tantangan berat memang bagi Unmul untuk memberikan pelayanan berbasis kerakyatan dan sesuai standar world class University.

Peningkatan kualitas pendidikan tinggi tidak terlepas dari kualitas sumberdaya manusia yang dimiliki. Oleh sebab itu peningkatan kualitas perilaku dan tingkah laku melalui jalur pendidikan perlu diupayakan. Selain itu kebijakan yang efektif di perguruan tinggi menjadi salah satu tolak ukur peningkatan semua sektor dalam Universitas

Dengan adanya akreditasi A, diharapkan mampu menunjang SDM di Unmul dari segi aktivitas perkuliahan, penelitian, pengabdian masyarakat dan pasca lulus dari Kampus agar masyarakat tidak perlu ragu dengan Unmul.

Universitas perlu mendorong upaya peningkatan kualifikasi tenaga dosen dengan pendidikan lanjutan atau kursus dengan fasilitas yang memadai agar kualitas sumberdaya dapat ditingkatkan sehingga secara otomatis akan mendorong peningkatan mutu pendididkan di universitas.

Unmul hari ini sudah menjadi kampus terbaik ! Sudah saatnya, kita berhenti menjadi penonton dan berpikir kecil. Hapuslah semua pikiran itu sekarang.

Hari ini dan seterusnya Unmul akan menjadi aktor yang terus menggelorakan perbaikan dengan solusi yang terus menginspirasi banyak orang.

Aku bangga menjadi bagian Unmul !