Bahas Tentang Lingkungan, Lemhanas RI Sambangi Unmul


Tim tenaga profesional Lembaga Ketahanan Nasional (Lemhanas) Republik Indonesia (RI) melakukan kunjungan ke Universitas Mulawarman. Kunjungan ini dilakukan dalam rangka melaksanakan peninjauan lapangan, pengkajian serta diskusi bersama civitas akademika Unmul untuk memperoleh informasi dan masukan tentang ketahanan nasional di Unmul.

Rektor Unmul Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si sangat mengapresiasi tujuan dan maksud kedatangan dari Lemhanas RI ke Unmul. “Secara profesional Unmul sudah membuat program sehingga inventarisasi kemampuan dosen-dosen kami akan terlihat dan terdata dengan baik, karena setiap seorang dosen-dosen yang telah menyelesaikan doctoral atau S3, kami mencoba memberikan kewajiban supaya hasil karya atau hasil penelitian mereka apa saja dan apa kelebihannya sehingga kita disebut dengan desiminasi, ”tegas Prof. Masjaya saat memberikan sambutannya.

“Kami siap memberikan kontribusi dalam hal sinergisitas kita untuk membangun bangsa dan negara melalui tri dharma perguruan tinggi, yaitu, pendidikan, penelitian, dan pengabdian pada masyarakat, “ujar Guru Besar Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Unmul ini.

Sementara itu, Ketua Tim Tenaga Profesional Lemhanas, S.H.M. Lerrick mengatakan kami dari Lemhanas percaya bahwa Unmul juga melakukan pengkajian tentang lingkungan di Kaltim yang nantinya bisa memperkaya bahan kajian kami untuk di laporkan ke Presiden. “Kegiatan yang kami lakukan ini serupa seperti, di Provinsi Gorontalo, Provinsi Kalimantan Timur dan Provinsi Sumatera Barat, dengan tema yang sama yakni pelestarian lingkungan. Karena ketiga Provinsi ini hampir punya masalah yang serupa, yaitu tentang kondisi lingkungan.

 

Lebih lanjut, S.H.M. Lerrick menjelaskan, Lemhanas RI ini memiliki  fungsi yaitu, melaksanakan pendidikan, menyiapkan kader dan memantapkan pimpinan tingkat nasional melalui segala usaha kegiatan dan pekerjaan meliputi program pendidikan, penyiapan materi pendidikan, operasi pendidikan dan pembinaan peserta dan alumni serta evaluasi, mengkaji berbagai permasalahan strategis baik nasional, regional dan internasional baik dibidang geografi, demografi, sumber kekayaan alam, ideologi, politik, hokum dan keamanan, ekonomi, social budaya dan ilmu pengetahuan serta permasalahan internasional, dan memantapkan nilai-nilai kebangsaan yang terkandung didalam pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945 serta nilai-nilai Pancasila sebagai ideology bangsa, semangat bela Negara, transformasi nilai-nilai universal, sistem nasional serta pembudayaan nilai-nilai kebangsaan.  

Acara yang berlangsung di Ruang Rapat Lantai Tiga Rektorat Unmul, Kamis (27/04) ini dihadiri para tim dari Lemhanas, para wakil rektor, para dekan, para wakil dekan, dan undangan lainnya. (hms/zul)