Bahas Pendidikan Berkarakter, FKIP Helat Diskusi Pendidikan


Hadir dalam acara tersebut sebagai narasumber adalah Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim), Drs. H. Musyahrim., MM dan Drs. Nanang Riyono selaku Tim Pengembangan Muatan Lokal Disdik Provinsi Kaltim.        

Dalam diskusi yang mulai berlangsung pukul 08.00 WITA, Sabtu, (06/12) tersebut, untuk pertama kalinya Pembantu Rektor III yang baru dilantik, Dr. Ir. Encik Ahmad Syaifudin., MP membuka acara secara resmi. Dosen dari Fakultas Pertanian Unmul itu mengawali sambutannya dengan memperkenalkan diri dan beberapa program kemahasiswaan yang akan dijalankannya selama empat tahun mendatang.

Dirinya juga mengapreasiasi diskusi tersebut karena dianggap relevan dengan realita kondisi pendidikan Indonesia. “Beberapa tahun belakangan ini kondisi pendidikan di Indonesia cukup mengkhawatirkan di tambah dengan karakter para peserta didik yang masih jauh dari harapan, talkshow ini sangat penting karena beberapa tahun terakhir kita lihat ada beberapa kejadian yang tidak mencerminkan karakter yang baik,” katanya.

Dari materi yang dipaparkan oleh para narasumber juga dimintanya agar para mahasiswa bisa mengumpulkan hasil masukan-masukan dari pertemuan tersebut untuk selanjutnya dijadikan sebuah resume sebagai dasar untuk kurikulum baru.

“Saya harap dari masukan-masukan para narasumber maupun peserta nanti, bisa diterima dan diimplementasikan. Bahkan mungkin bisa diterapkan di kurikulum yang baru, agar tercipta karakter yang handal di kemudian hari,” tambahnya. (hms/frn)