Awali Ramadhan, Satgas Diminta Lebih Waspada


Hal demikian diutarakan anggota Satuan Pembinaan Masyarakat (Sat Binmas), Kepolisian Resor Kota (Polresta) Samarinda, Bripka Nur Hadis, saat memberikan pengarahan dalam apel pagi bersama puluhan Satgas Pengamanan Unmul di Halaman Rektorat Unmul.

“Pelajari kembali pedoman-pedoman tindakan yang sudah kita pelajari sebelumnya, Satgas berwenang untuk melakukan tindakan kamtibmas di lingkungan kampus ini, dan apabila perlu bantuan bisa diteruskan ke kepolisian. Kami siap membantu,” serunya.  

Fenomena terjadinya tindak kriminal menurutnya cenderung akan meningkat, mengingat semakin tingginya kebutuhan masyarakat, maka diakuinya, dari pengalaman yang sudah pernah terjadi peluang meningkatnya tindakan kejahatan akan bertambah terutama pencurian. Selain itu, kedisiplinan waktu juga perlu menjadi perhatian, selain performance para individu masing-masing.

“Kita harus lebih waspada akan hal tersebut, olahraga rutin juga harus dilakukan apalagi saat menjalankan puasa seperti sekarang ini, untuk menjaga kodisi fisik kita selama bertugas,” katanya, dihadapan Kepala Bagian (Kabag), Umum, Hukum Tata Laksana adan Perlengkapan, Sugiyarta, SE., M.Si, yang tampak hadir dalam kesempatan itu.

Sebagai petugas pengamanan, diakuinya, para Satgas harus bisa mengamankan kampus, terutama keamanan pimpinan, termasuk ketertiban lalu lintas di kampus yang memiliki mahasiswa sekitar 35.000 orang ini.

Seperti diketahui, selama beberapa tahun ini Unmul sudah menjalin kerja sama dengan Polresta Samarinda melalui Sat Binmas pada bidang pelatihan dan pendidikan untuk meningkatkan kemampuan anggota keamanan dalam menjalankan tugasnya sehari-hari. Sat Binmas dan pihak kepolisian Samarinda juga siap memberikan bantuan kepada Unmul untuk mengcover Satgas apabila ada peristiwa yang berkaitan dengan kriminalitas ataupun tindakan pencegahan lainnya. (hms/frn)