Amalkan Nilai-nilai Luhur Pancasila, Unmul Peringati Hari Lahir Pancasila


Memperingati Hari Lahir Pancasila yang ke-72 Tahun 2017, Universitas Mulawarman (Unmul) menggelar upacara pengibaran bendera tersebut pada Kamis (01/06) di Halaman Rektorat Unmul. Dalam upacara tersebut, Rektor Unmul yang di wakili oleh Wakil Rektor Bidang Umum, Sumber Daya Manusia (SDM) dan Keuangan Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si yang bertindak sebagai inspektur upacara.

Meskipun pelaksanaan upacara dilakukan bertepatan dengan Bulan Suci Ramadhan atau bulan puasa, tidak menyurutkan peserta upacara untuk mengikutinya. Peserta Upacara yang dihadiri oleh Civitas Akademika Unmul ini tetap semangat mengikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila untuk yang pertama kalinya.

Pada kesempatan tersebut, Wakil Rektor Bidang Umum, SDM dan Keuangan Dr. Ir. H. Abdunnur, M.Si, yang membacakan pidato sambutan dari Presiden Republik Indonesia (RI) Joko Widodo, mengatakan upacara ini meneguhkan komitmen kita agar lebih mendalami, menghayati, dan mengamalkan nilai-nilai luhur Pancasila sebagai dasar bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

“Pancasila merupakan hasil dari satu kesatuan proses yang dimulai dengan rumusan Pancasila tanggal 1 Juni 1945 yang dipidatokan Ir. Sukarno, Piagam Jakarta tanggal 22 Juni 1945, dan rumusan final Pancasila tanggal 18 Agustus 1945. Adalah jiwa besar para founding fathers, para ulama dan pejuang kemerdekaan dari seluruh pelosok Nusantara sehingga kita bisa membangun kesepakatan bangsa yang mempersatukan kita,”paparnya.

Lebih lanjut Presiden RI menjelaskan, kita perlu belajar dari pengalaman buruk Negara lain yang dihantui oleh radikalisme, konflik sosial, terorisme dan perang saudara. Dengan Pancasila dan UUD 1945 dalam bingkai NKRI dan Bhinneka Tunggal Ika, kita bisa terhindar dari masalah tersebut. “Kita bisa hidup rukun dan bergotong royong untuk memajukan negeri. Dengan Pancasila, Indonesia adalah harapan dan rujukan masyarakat internasional untuk membangun dunia yang damai, adil dan makmur di tengah kemajemukan,”kata Dr. Abdunnur menyampaikan pidato Presiden RI.

Dijelaskannya pula dalam isi pidato tersebut, Presiden RI mengajak semua elemen masyarakat harus bahu-membahu menggapai cita-cita bangsa sesuai dengan Pancasila. Tidak ada pilihan lain kecuali seluruh seluruh anak bangsa harus menyatukan hati, pikiran dan tenaga untuk persatuan dan persaudaraan. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus kembali ke jati diri sebagai bangsa yang santun, berjiwa gotong royong dan toleran. Tidak ada pilihan lain kecuali kita harus menjadikan Indonesia bangsa yang adil, makmur dan bermartabat di mata Internasional.

Diakhir sambutan, Dr. Abdunnur menyampaikan pesan dari Presiden RI dihadapan Civitas Akademika Unmul, sekali lagi jaga perdamaian, jaga persatuan, dan jaga persaudaraan di antara kita. Mari kita saling bersikap santun, saling menghormati, saling toleran, dan saling membantu untuk kepentingan bangsa. Mari kita saling bahu-membahu, bergotong royong demi kemajuan Indonesia.

Selamat Hari Lahir Pancasila. Kita Indonesia, Kita Pancasila. Semua Anda Indonesia, semua Anda Pancasila. Saya Indonesia, saya Pancasila. (hms/zul)