888 Peserta Saling Berkompetisi


Dari ratusan peserta tersebut dirincikan menjadi, 248 peserta seleksi di bidang Matematika, 121 Fisika, 361 Kimia serta 158 orang yang mengikuti seleksi bidang Biologi. OSN Pertamina 2014 merupakan gelaran ketujuh kalinya pertamina bersama Unversitas Indonesia dan didukung 48 universitas penyelenggara dari 33 provinsi termasuk Unmul.

Prof. Dr. Daniel., M.Si, sebagai Ketua Panitia mengutarakan, peserta seleksi yang dilaksanakan serentak di Indonesia, Kamis, (25/09) tersebut, berjuang untuk lolos ke babak final pada bulan November mendatang.

“Pada setiap peserta di setiap bidang lomba kita akan mengirimkan perwakilannya guna berlaga di level nasional. “ujarnya.

Menurutnya, Kompetisi di OSN Pertamina 2014 terdiri dari dua kategori yaitu kategori Teori dan kategori Proyek Sains. Kategori Teori akan mengompetisikan empat bidang yaitu bidang Matematika, Fisika, Kimia, dan Biologi.

Pada kategori ini, seleksi dilakukan melalui dua tahapan, yaitu seleksi tingkat Propinsi dan seleksi Babak Final Tingkat Nasional. Sedangkan untuk kategori Proyek Sains, akan dikompetisikan karya cipta dari empat bidang yaitu bidang Aplikasi Perangkat Lunak (APL), Rancang Bangun (RB), dan Produk Unggulan (PU).

“Semoga dari Unmul muncul peserta sebagai juara di tingkat nasional,” tambahnya.

Sementara Rektor Unmul saat didaulat membuka acara secara resmi menyatakan apresiasi tinggi untuk Pertamina dan pihak sponsor pendukung lainnya. “Saya merasa berbahagia karena peserta banyak sekali yang berpartisipasi, ini adalah bukti kecintaan mahasiswa terhadap ilmu yang mereka pelajari,” ungkapnya. “Terima kasih kepada Pertamina dan sponsor lain, selamat juga untuk FMIPA Unmul yang rutin setiap tahun meyelengarakan acara ini,” tutupnya. (hms/frn)