Profil


Sejarah Singkat UNMUL

Universitas Mulawarman, disingkat Unmul, adalah perguruan tinggi negeri di Samarinda, Kalimantan Timur, Indonesia. Universitas ini berdiri pada tanggal 27 September 1962, sehingga merupakan universitas tertua di Kalimantan Timur. Universitas Mulawarman merupakan perguruan tinggi dengan jumlah mahasiswa terbesar di Kalimantan, dengan jumlah mahasiswa mencapai lebih dari 37.000 orang. Kampus utamanya terletak di Gunung Kelua, sedangkan kampus lainnya terdapat di Jalan Pahlawan, Jalan Banggeris dan Jalan Flores.

Nama

Nama Mulawarman diambil dari nama Raja Mulawarman Nala Dewa dari Kerajaan Kutai di abad ke-4, kerajaan pertama di Indonesia yang tercatat dalam sejarah, yang berlokasi di Kalimantan Timur. 

Sejarah Pembentukan

Provinsi Kalimantan Timur pada tahun 1960-an masih berupakan daerah yang sedikit penduduk dan penyebarannya tidak merata, bahkan banyak daerah yang terisolir. Dari kota Balikpapan ke kota Samarinda saja harus ditempuh dalam waktu 1 hari melalui jalan darat dan sungai. Banyak putra daerah Kalimantan Timur yang melanjutkan pendidikan tinggi harus menuju Banjarmasin, Makassar atau kota-kota di pulau Jawa. Karena itulah, atas keinginan masyarakat Kalimantan Timur, direncanakanlah pendirian perguruan tinggi di Samarinda. Gubernur Abdoel Moeis Hasan kemudian meminta Bupati Soebrata Yoeda Soebrata mengadakan pertemuan dengan pemuka masyarakat di Samarinda dan kemudian berdasarkan keputusan Pemerintah Daerah Kalimantan Timur pada tanggal 7 Juni 1962 dibentuklah Perguruan Tinggi Mulawarman di Samarinda.

Demi menopang kebutuhan dana, fasilitas, dan peralatan Perguruan Tinggi Mulawarman, ditetapkan juga Yayasan Perguruan Tinggi Mulawarman yang dipimpin oleh Abdul Aziz Samad, didampingi sekertaris E. Abdul Samad dan bendahara Dorinawati Samalo (Ny. Lo Beng Long). Kemudian pada tanggal 28 Juni 1962 ditetapkan pula Presidium untuk menyelenggarakan Perguruan Tinggi Mulawarman dengan Sekretaris Drs. Achmad Dahlan dan dibantu Husein Achutanair dan Syahidin, BA sebagai penyelenggara administrasi yang berkoordinasi dengan Menteri Perguruan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan di Jakarta. 

Perguruan Tinggi Mulawarman kemudian ditetapkan sebagai Universitas Kalimantan Timur berdasarkan keputusan Menteri Pendidikan Tinggi dan Ilmu Pengetahuan Thoyib Hadiwidjaja pada tanggal 28 September 1962. Namun nama ini dikembalikan menjadi Universitas Mulawarman dan dikukuhkan secara resmi oleh Presiden Republik Indonesia Soekarno pada tanggal 23 April 1963. Tanggal 27 September 1962 kemudian ditetapkan sebagai tanggal berdirinya Universitas Mulawarman. 

Dimulai pada tanggal 7 Juni 1962, berdasarkan Keputusan Gubernur Kepala Daerah Tingkat I Kalimantan Timur Nomor: 15/PPK/KDH/1962 didirikanlah sebuah perguruan tinggi yang berkedudukan di Samarinda dengan nama Perguruan Tinggi Mulawarman, namun nama perguruan tinggi mulawarman tidak lama dipakai pada saat permintaan pengesahan menteri PTIP nama itu berubah menjadi UNIVERSITAS KALIMANTAN TIMUR (UNIKAT), berdasarkan Surat Keputusan Menteri Pendidikan dan Ilmu Pengetahuan Nomor: 130 tahun 1962 tanggal 28 September, ditetapkan tanggal 27 September 1962 sebagai tanggal berdirinya Universitas Mulawarman. setahun kemudian berdasarkan Surat Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor: 65 tanggal 23 April 1963 berubah nama menjadi UNIVERSITAS MULAWARMAN (UNMUL) sampai sekarang.

Visi dan Misi UNMUL

Visi :

Universitas berstandar internasional yang mampu berperan dalam pembangunan bangsa melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat yang bertumpu pada sumber daya alam (sda) khususnya hutan tropis lembab (tropical rain forest) dan lingkungannya.

Misi :

  1. Menghasilkan sumber daya manusia yang berkualitas, berkepribadian dan profesional melalui penyelenggaraan pendidikan tinggi yang bertaraf Internasional;
  2. Menghasilkan riset yang berkualitas serta berdayaguna dengan mengedepankan prinsip-prinsip kelestarian lingkungan hidup;
  3. Menyelenggarakan kegiatan pengabdian pada kepada masyarakat dan menghasilkan karya ilmu pengetahuan, teknologi, seni, dan olahraga yang bermakna dan bermanfaat demi terwujudnya pengelolaan universitas yang akuntabel dan mandiri sesuai dengan standar nasional dan internasional.

Lambang UNMUL

logo unmul

Lambang Universitas Mulawarman berupa perisai dengan warna dasar hijau yang melambangkan ilmu pengetahuan. Di dalamnya terdapat jalinan rotan dengan warna kuning menunjukkan persatuan yang terjalin antara berbagai suku dan aliran yang terdapat di Indonesia, dengan perahu yang berwarna hitam putih, melingkari sisi-sisi lingkaran yang membawa guci berwarna putih-cokelat menyatakan akan kewajiban Universitas untuk mengembangkan dan mengamalkan ilmu pengetahuan. Guci itu sendiri, khususnya di pedalaman Kalimantan Timur, adalah tempat menyimpan barang-barang keramat atau untuk menyimpan tulang-belulang nenek moyang.

Guci melambangkan wadah untuk menyimpan ilmu pengetahuan yang harus dikembangkan dan disampaikan kepada putra-putri Indonesia. Perahu tadi berlayar pada tiga garis putih berombak di bawah perahu, karena seperti diketahui, kota Samarinda tempat Universitas Mulawarman berdiri, terletak di pinggir sungai Mahakam. Roda gigi berwarna kuning yang melingkari perahu menunjukkan zaman berada dalam taraf kemajuan teknik yang luar biasa, namun tetap berkepribadian.

FASILITAS KAMPUS

Universitas Mulawarman memilki berbagai fasiltas penunjang perkuliahan diantaranya fasilitas Ruang kuliah modern yang representative, fasiltas hotspot dan internet 24 jam, fasilitas perbankan yang di tunjuang ATM 24 jam, fasilitas olahraga, fasilitas perpustakaan, fasilitas Laboratorium, Kebun Raya Samarinda dengan luas 3.000.000 ha, Hutan pendidikan bukit Suharto dengan luas 20.271.000 ha, kolam percobaan perikanan.

Berikut beberapa fasilitas di kawasan kampus Universitas Mulawarman

  1. Mesjid Al Fatihah
  2. Asrama Mahasiswa Putri
  3. Asrama Dosen
  4. Bank Negara Indonesia (BNI)
  5. Bankaltim
  6. Bank Muamalat
  7. Bank Tabungan Negara (BTN)
  8. Bank Muamalat
  9. ATM center 24 jam
  10. Layanan Psikologi Umum
  11. GOR 27 September
  12. Gedung Auditorium
  13. Gedung Pusat kegiatan Mahasisiwa
  14. Laboratorium
  15. Lapangan Tenis
  16. Lapangan Bulu Tangkis
  17. Lapangan Sepak Bola
  18. Lapangan Bola Basket
  19. Lapangan Bola Voli
  20. Jogging track

Jenis Beasiswa :

  1. Beasiswa Bidikmisi
  2. Beasiswa Osaka Gas Company
  3. Beasiswa PPA (Dikti)
  4. Beasiswa BBM (Dikti)
  5. Beasiswa Kaltim Cemerlang (Pemprov)
  6. Beasiswa Bankaltim
  7. Beasiswa BRI
  8. Beasiswa Bank Indonesia
  9. Beasiswa Supersemar
  10. Beasiswa Supersemar Unggulan
  11. Beasiswa Eka Tjipta Foundation
  12. Beasiswa PT. Pupuk Kaltim
  13. Beasiswa Total E & P Indonesia
  14. Beasiswa PT. LNG Bontang
  15. Beasiswa Djarum
  16. Beasiswa PT. Toyota/Astra Internasional
  17. Beasiswa PT. TASPEN
  18. Beasiswa BUMN
  19. Beasiswa Karya Salemba Empat
  20. Beasisiwa Bakri Foundation

Unit Kegiatan Mahasiswa  :

  1. UKM Kopis Surkarela (KSR)
  2. UKM Keluarga Besar Mahasiswa Kristen (KBMK)
  3. PUSDIMA (Pusat Studi Islam Mahasiswa)
  4. Teater Yupa
  5. Jurnalistik
  6. IMAPA (Ikatan Mahasiswa Pecinta Alam)
  7. DPM (Dewan Perwakilan Mahasiswa)
  8. UKM Band
  9. BEM
  10. Pramuka
  11. PSHT (Persatuan Setia Hari Teratai)
  12. Taekwondo
  13. Tarung Drajat
  14. Bola Basket
  15. Sepak Bola

Facebook



Agenda Kegiatan

Agenda Selengkapnya

Twitter